Contoh Teks Rekaman Percobaan (Pengertian, Struktur, Unsur Kebahasaan)

Selamat malam, kembali lagi saya membagikan materi bahasa indonesia kelas ix kurikulum 2013 revisi 2018 yakni seputar teks rekaman percobaan dimana pada artikel ini kita membahas pengertian teks rekaman percobaan, struktur teks rekaman percobaan, dan unsur kebahasaan teks rekaman percobaan.

Contoh Teks Rekaman Percobaan

Bagi pengunjung ideGURU.COM yang ingin melihat materi sebelumnya yakni materi bahasa indonesia tentang teks tantangan, anda bisa membuka link : Pengertian, Ciri, Struktur dan Contoh Teks Tantangan.

Baik kita lanjut membahas materi bahasa indonesia teks rekaman percobaan. Sebelum anda mempelajari contoh teks rekaman percobaan, silahkan anda simak terlebih dahulu pengertian, struktur dan unsur kebahasaan teks rekaman percobaan pada pembahasan di bawah ini.

Pengertian Teks Rekaman Percobaan
Teks Rekaman Percobaan adalah teks yang menceritakan tentang percobaan yang dilakukan oleh penulis, biasanya teks seperti ini di pakai untuk melakukan percobaan, karya ilmiah, atau laporan praktikum.

Struktur Teks Rekaman Percobaan
Struktur teks itu merupakan bagian-bagian yang menjadi bangunan teks rekaman percobaan. Struktur dalam teks tersebut terdiri atas empat bagian, yaitu:

  1. Tujuan serta alat dan bahan di dalam teks tersebut merupakan latar belakang dari percobaan yang akan dilakukan.
  2. Langkah-langkah merupakan cara atau metode yang digunakan untuk melakukan percobaan tersebut.
  3. Hasil merupakan sesuatu yang didapat dari percobaan tersebut.
  4. Simpulan merupakan pendapat akhir dari percobaan.

Sebenarnya struktur teks rekaman percobaan ini hampir sama dengan teks prosedur, hanya saja perbedaan antara kedua teks tersebut adalah pada teks prosedur tidak terdapat hasil dan simpulan yang ada pada teks rekaman percobaan tersebut.

Unsur Kebahasaan Teks Rekaman Percobaan
Unsur kebahasaan atau ciri kebahasaan dalam teks rekaman percobaan hampir serupa dengan unsur kebahasaan dalam teks prosedur. Jika kamu masih ingat, unsur-unsur kebahasaan dalam teks prosedur, antara lain sinonim, antonim, dan kata bilangan. Begitu pula dengan teks rekaman percobaan, terdapat penggunaan kata bilangan atau numeralia.

Ciri Bahasa Teks Rekaman Percobaan

1. Menggunakan Kalimat Kompleks/Kalimat Majemuk
Kalimat kompleks atau majemuk adalah kalimat yang memiliki lebih dari satu pola kalimat. Kalimat kompleks terdiri atas lebih dari satu kalimat tunggal atau kalimat simpleks. Kalimat kompleks dibagi menjadi 2 jenis yaitu setara dan bertingkat.

2. Menggunakan Kata Hubung
Kata penghubung adalah kata yang menjadi penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, antarkalimat, dan antarparagtaf.

Contoh kata hubung : dan, tetapi, apabila, saat, jika, sehingga, meskipun, dll

3. Menggunakan Kata rujukan
Kata rujukan adalah kata yang merujuk pada kata, frasa, klausa, atau kalimat sebelumnya. Kata rujukan biasanya menggunakan kata ganti (ia, mereka, dia), penunjuk (ini,itu), keterangan (di sini, di sana).

4. Menggunakan istilah teknis
Penggunaan istilah teknis menjadi bagian dari unsur bahasa dalam teks rekaman percobaan, yakni pilihan kata atau diksi yang digunakan sesuai konteks. Pilihan kata harus dilakukan dengan tepat.

5. Menggunakan kalimat perintah
Penggunaan kalimat perintah untuk menjelaskan langkah-langkah.

6. Menggunakan kata bilangan
Contoh : satu,dua,pertama,kedua,dll

Contoh Teks Rekaman Percobaan
Berikut akan saya berikan contoh teks rekaman percobaan beserta struktur nya agar anda bisa lebih memahami contoh teks rekaman percobaan tersebut dengan lebih mudah.

Percobaan Membuat Teleskop Sederhana

Tujuan serta alat dan bahan

Supaya dapat mengamati benda-benda di langit, dibutuhkan alat canggih yang disebut dengan teleskop. Teleskop merupakan sebuah teropong besar yang digunakan di dalam astronomi. Ilmu ini mempelajari benda-benda di langit. Astronomi tidak bisa berkembang dengan baik karena banyak orang yang berpendapat bahwa astronomi membutuhkan teleskop yang mahal dan berteknologi tinggi. Padahal, teleskop sederhana dapat dibuat dan pengamatan sederhana pun dapat juga dilakukan.
Untuk membuat teleskop sederhana, diperlukan bahan dan alat berikut:

  1. Lensa objektif LUP (kaca pembesar)/lensa cembung praktikum (biasa dijual di toko alat laboratorium) bisa membeli dengan diameter 5 cm.
  2. Pipa PVC dan perlup (sambungan pipa) dengan panjang kira-kira 30 cm.
  3. Perkakas seperti gergaji kecil dan lem perekat.
  4. Lensa okuler (bisa menggunakan lensa binokuler atau lensa mikroskop) / bisa juga dengan membeli lensa di toko alat laboratorium dengan diameter 2,5 cm.

Langkah-langkah

Adapun cara pembuatan teleskop adalah sebagai berikut.

  1. Tentukan panjang badan teleskop dahulu. Dengan rumus fisika yang sudah kita ketahui yaitu : fob + fok = L.
  2. Potong pipa PVC yang panjangnya sudah diketahui.
  3. Letakkan lensa objektif ke dalam sambungan pipa, lalu sambungkan sambungan pipa yang sudah berisi lensa tadi diujung paling depan pipa PVC yang sudah diukur. Ingat lensa objektif selalu terletak didepan lensa okuler.pasangkan perlup di ujung paling belakang pipa.
  4. Pasangkan perlup di ujung paling belakang pipa.
  5. Letakan lensa okuler di perlup nya.

Hasil
Setelah melalui langkah-langkah tersebut, kini teleskop sederhana sudah dapat digunakan untuk mengamati benda-benda langit, seperti kawah bulan ataupun planet-planet terdekat. Teleskop sederhana dan murah ini dapat kamu gunakan untuk mengamati benda-benda yang jaraknya cukup jauh.

Simpulan
Untuk mengamati benda langit yang jaraknya jauh ternyata tidak selalu harus menggunakan alat yang canggih dan mahal. Kamu cukup menggunakan benda-benda yang mudah didapatkan. Sebelum melakukan pengamatan, ada baiknya kamu melihat waktu terbit dan tenggelam serta arah objek yang akan diamati.

Contoh Teks Rekaman Percobaan 2

Membuat Taplak Meja Sederhana

Tujuan

Taplak meja biasa digunakan untuk menghias meja dan banyak tersedia di toko-toko dengan harga yang bisa dibilang lumayan. Tetapi daripada mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, kamu sebenarnya bisa membuat taplak meja sederhana sendiri.

Tujuan dari pembuatan taplak meja ini agar kita bisa memanfaatkan barang-barang bekas sehingga lebih bernilai dan bermanfaat.

Alat dan bahan

  1. Kain perca 1,5m
  2. Jarum dan Benang
  3. Gunting, pensil, dan kertas
  4. Jangka

Langkah-langkah

  1. Buatlah sketsa gambar pada kertas menggunakan jangka dengan diameter 8cm lalu gunting!
  2. Tempelkan pada kain perca lalu jiplak polanya dan gunting kain perca, ulangi hingga 60 bulatan.
  3. Jahit pinggirannya lalu tarik kemudian tali, ulangi hingga 60 bulatan!
  4. Setelah itu, rangkaikan bulatan satu dengan bulatan lain dan bentuk pola taplak meja!
  5. Setelah membentuk pola yang kamu inginkan, jahit bulatan satu sama lain.
  6. Kemudian setelah jadi membentuk taplak meja, rapikan jahitan.

Hasil
Dan jadilah taplak meja kreasi tangan sendiri. Sekarang kamu bisa meletakkan taplak meja tersebut di meja ruang tamu atau ruang makan. Kamu bisa juga mengembangkan nya menjadi sebuah usaha yang menguntungkan!.

Kesimpulan
Membuat taplak meja tidak lah sesulit yang dibayangkan, tetapi kamu harus telaten dan ulet. Sehingga keterampilan akan terus terlatih, sekaligus kamu bisa menghemat biaya dan bisa menambah kreativitas.

Demikianlah beberapa contoh teks rekaman percobaan yang sempat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Jangan lupa berkunjung untuk mendapatkan informasi lengkap seputar pendidikan. seperti buku siswa dan buku guru, materi pelajaran untuk smp, sd, dan sma dan masih banyak lainnya yang bisa anda dapatkan.

Terima kasih atas kunjungan anda. jangan lupa share ke teman anda yang lain ya. Salam

Leave a Comment